Thursday, March 14, 2013

My First Soutache Pendant

Hello Crafter...

Sebenarnya saya baru kenal yang namanya Soutache ( baca Soo-tash) , baru sekitar 2 bulan yang lalu . Waktu itu cuma sedang iseng-iseng browsing nyari ide untuk membuat aksesoris di Internet . Dan ketemulah dengan Bross soutache yang cantik  ,dan membuat saya terpesona dengan tekhnik satu ini , ternyata pita2/tali  ini bisa dipakai buat menghias cabochon ,beads dll.
Dalam hati , pengen bisa bikin juga , walau sepertinya kelihatan rumit :-D .

Karena kepengen cepet2 membuat kreasi ini , saya cepat-cepat mencari bahan2nya . Ternyata agak bingung juga waktu nyari bahannya ini ,tidak semudah yang saya kira. Saya biasa belanja keperluan craft saya  , toko kerajinan ini (namanya Hobby Lobby)  semua bahan craft saya biasanya bisa saya dapatkan dengan mudah diasana . Maka pada waktu belanja ,langsung saja saya menuju ke bagian yang selalu saya tuju setiap kali belanja , yaitu di bagian " Beads dan Jewelry " . Tapi ,ketika saya bertanya kepada penjaga toko bagian " Beads and Jewelry ", ternyata dia tidak tahu mengenai Soutache , dan dia mengarahkan saya ke bagian toko lainnya ,yaitu di bagian " Fabric and Sewing".

Sampai bagian itu ,karena bingung saya tanya lagi sama penjaganya "Apakah anda punya tali soutache?". Lagi -lagi penjaganya bingung ,katanya dia tidak pernah mendengar kata itu...*waduh..* akhirnya dia menunjukkan dimana bagian pita2 ,renda dan tali2 lainnya. Saya diminta mencari sendiri bahan yang saya dibutuhkan ,mungkin saja ada diantara sekian banyak pita dan renda2 disana . Tapi karena saya sendiri bingung dan belum pernah melihat secara langsung bagaimana tali soutache itu ,akhirnya saya pilih pulang saja daripada salah beli tali . Dalam hati sih menyesal sendiri kenapa nggak browsing lebih mendetail ,seperti apa Soutache itu...:-(

Seminggu kemudian ,setelah merasa yakin mengenai bentuknya ,akhirnya saya kembali ke toko tadi . Dan ternyata ,tali itu memang ada di sana di bagian  " Fabric and sewing " .Akhirnya saya beli saja semua warna yang ada :-D

Ini dia fotonya....Di bungkusnya tertulis namanya  Decorative Trim...jadi tidak ada kata Soutache disana...:-D. Saya pikir kalau sudah di Amerika semua orang tahu soutache , tapi penjaga tokonya saja tidak tahu menahu..I
Di bawah ini contoh tali Soutache yang saya beli , ada beberapa warna polos dan kombinasi 2 wana yang berbahan Polyester , dan satu warna emas yang berbahan cotton dan metallic yarn.


Setelah baca penjelasan disini , akhirnya kebingungan saya terjawab ,mengapa penjaga toko di Toko tadi tidak tahu mengenai Soutache . Rupanya , Soutache ini pada awalnya banyak digunakan di Perancis ,dan dipakai untuk menghias baju atau korden .
Jadi kalau French harusnya Soutache tetep dibaca Soutache kan ya? :-D ...


Nah...akhirnya kesampain juga belajar bikin aksesoris pakai Soutache Braid..
Ini dia hasil akhirnya , jadilah sebuah pendant ...



No comments:

Post a Comment